Cara Menemukan Informasi dari Indeks Buku

Cara Menemukan Informasi dari Indeks Buku | Tidak semua buku memuat halaman indeks. Pada umumnya, indeks terdapat dalam buku ilmiah atau non-fiksi, buku pelajaran, modul, ensiklopedi dan lain-lain. Tahukah Anda, apa itu indeks buku? Indeks buku adalah daftar kata atau istilah khusus yang terdapat dalam buku, lengkap dengan penunjuk halamannya. Makanya, indeks juga dikenal dengan sebutan halaman penunjuk kata. Macam-macam indeks antara lain indeks kata, pengarang, topik, dan sebagainya.

Biasanya, indeks terletak di halaman terakhir buku dan ditulis secara alfabetis. Indeks bertujuan untuk membantu dan memudahkan pembaca menemukan kata atau istilah yang diinginkan dalam sebuah buku. Dengan indeks, kita dapat melihat tempat atau letak kata atau istilah yang digunakan beserta jumlah pemakaiannya.

Adapun ciri-ciri indeks adalah sebagai berikut:
  • Kata atau istilah disusun secara alfabetis (disusun menurut abjad A-Z)
  • Sebelah kanan indeks menunjukkan kata atau istilah, dan sebelah kiri adalah letak halamannya. Semakin sering kata tersebut digunakan, maka semakin banyak pula jumlah halamannya.
  • Indeks tidak mencantumkan makna kata, tetapi hanya menunjukkan letak halaman di mana kata itu ada.
Baca Juga: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Unsur Hikayat

Lalu, bagaimana cara menemukan informasi secara tepat dalam indeks? Dalam hal ini, maka kita tentu membutuhkan teknik membaca memindai (scanning), yaitu teknik membaca dengan cara langsung menuju kepada informasi yang kita inginkan tanpa membaca yang lainnya. Berikut ini adalah beberapa teknik membaca memindai:
  • Gerakkan mata dari atas ke bawah dengan cepat.
  • Apabila kata yang dicari berawalan huruf G, maka kita harus menuju abjad G.
  • Bila informasi telah ditemukan, maka fokuskan mata pada bagian tersebut.
Demikian ulasan mengenai Cara Menemukan Infromasi dari Indeks Buku. Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda. Salam.
loading...