-->

Cara Mudah Menulis Berita Jenis Feature

Cara Mudah Menulis Berita Jenis Feature | Tentu kalian pernah mendengar istilah tulisan feature kan? Apa yang kalian tahu tentang tulisan jenis ini? Mungkin di antara kalian ada yang menjawab, feature itu tulisan yang deskriptif dan naratif. Nah, jawaban itu benar. Feature adalah salah satu jenis berita yang ditulis dengan cara naratif dan deskriptif sehingga seolah-olah pembaca sedang membaca cerita tentang peristiwa atau kejadian yang dilaporkan. 
Sejatinya, tidak ada kesepakatan dari para ahli jurnalistik mengenai definisi feature. Masing-masing mereka memberikan definisi tersendiri tentang feature. Yang jelas, feature adalah sebuah tulisan jurnalistik yang tidak mesti mengikuti rumus 5w + 1 H sebagaimana lazimnya sebuah berita. Tetapi, ia mengedepankan jawaban dari why dan how dari sebuah peristiwa. 

Baca Juga: Pengertian dan Nilai-Nilai Berita

Dari sekian banyak pengertian mengenai feature, kita dapat mengenali karakteristik feature, diantaranya: 
  • Mengandung segi human interest. Dalam hal ini, feature memberikan penekanan pada fakta-fakta yang dianggap dapat menggugah emosi dan perasaan pembaca seperti menghibur, memunculkan rasa empati dan keharuan. 
  • Mengandung unsur sastra. Satu hal yang sangat penting dalam penulisan feature adalah ia mengandung unsur sastra. Sebagaimana dikatakan sebelumnya, gaya penulisan feature tidak jauh beda dengan penulisan fiksi seperti cerpen atau novel. Pada dasarnya, penulis feature adalah mereka yang bercerita. Karena itulah, feature ini disebut dengan berita yang sifatnya ringan dan menghibur. 
Seorang penulis feature harus memiliki ketajaman dalam melihat dan merenungi sebuah peristiwa. Ia juga harus mampu menonjolkan hal yang meskipun sudah umum namun belum terungkap sepenuhnya. Hal-hal kecil yang dianggap sepele dan kurang penting dalam sebuah berita, dapat diangkat dalam sebuah feature yang kemudian menjadi laporan yang unik dan menarik.
Feature mengandung informasi yang “lebih” ketimbang jenis berita yang lain. Nilai lebih itu tersebab feature dapat menyajikan hal-hal yang mungkin diabaikan oleh news tadi. Di samping itu, feature tidak akan pernah basi (tidak aktual) seperti berita pada umumnya.

Baca Juga: Jenis-jenis dan Struktur Berita
Beberapa orang sangat suka dengan berita jenis ini. Alasannya, feature dapat menyajikan berita dengan gaya tulisan yang santai dan ringan namun tetap informatif. Beda, misalnya, dengan berita investigative news, indepth news, atau jenis berita lain yang terkesan berat dan harus mengerutkan kening ketika sedang membacanya.
Lalu bagaimana cara menulis feature yang baik? Pertama kali tentu kita harus menulis judul. Setelah itu kita masuk pada teras atau lead yang berisi hal terpenting yang menjadi sudut pandang dimulainya sebuah tulisan. Dalam menulis lead ini kita harus mampu menarik perhatian pembaca agar mereka memiliki rasa penasaran untuk melanjutkan bacaannya. Banyak jenis lead yang bisa kita gunakan dalam menulis feature. Diantaranya; 
  • Teras bercerita yang biasa digunakan oleh cerpenis atau novelis 
  • Teras pertanyaan 
  • Teras kutipan (ayat al-Quran, hadits, ucapan orang terkenal, dll.) 
  • Teras ringkasan
  • Teras sapaan 
  • Teras deskriptif

Selanjutnya Bridge (jembatan antara lead dan body) dan yang terakhir adalah penutup (ending) yang umumnya mengacu kepada lead. Di bagian penutup ini kita bisa menyimpulkan apa yang sudah ditulis sebelumnya dengan memberikan kesan mengharukan di hati pembaca atau dengan mengajukan pertanyaan tanpa jawaban. Membiarkan pembaca mengira-ngira sendiri jawabannya.   
Demikian cara menulis berita feature. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel