-->

Jenis-Jenis dan Struktur Berita

Jenis-Jenis dan Struktur Berita | Setelah sebelumnya kita belajar mengenai pengertian dan nilai-nilai berita, maka pada sajian kali ini kita akan belajar tentang jenis-jenis berita dan struktur berita. Dalam dunia jurnalistik kita akan mengenal beberapa jenis berita. Antara lain: 

Baca Juga: Pengertian dan Nilai-Nilai Berita

Straight News 
Berita jenis ini dikenal dengan berita langsung dan apa adanya yang ditulis secara ringkas, padat, dan lugas. Sebagian besar halaman depan surat kabar yang menjadi berita utama (headline) adalah berita jenis ini.
Investigation News, yaitu berita yang dikembangkan berdasarkan penelitian atau penyelidikan dari berbagai sumber. Berita jenis ini sering digunakan untuk meliput peristiwa penting yang butuh diselidiki lebih jauh dan mendalam.

Indepth News (berita mendalam)
Indepth News adalah berita yang dikembangkan secara mendalam. Lebih dalam  daripada berita straight news.

Interpretative News
Interpretative News adalah berita yang ditulis berdasarkan pendapat atau penilaian wartawan terhadap peristiwa yang ditemukan.

Opinion News
Opinion News adalah berita mengenai pendapat seseorang; seorang pakar, pejabat, cendekiawan, dan sebagainya mengenai suatu peristiwa yang terjadi.

Adapun struktur berita yang sering dipakai dalam berita straight news pada umumnya adalah bentuk piramida terbalik (inverted pyramid), di mana data dan fakta yang dianggap paling penting berada di awal paragraf atau yang biasa disebut dengan lead (kepala) berita. Sedangkan bagian yang dianggap agak penting, kurang penting, dan seterusnya diletakkan sesudahnya.

Susunan berita semacam ini sebenarnya sangat menguntungkan pembaca dalam hal efesiensi waktu, sebab pembaca akan mudah dan cepat mengetahui inti berita yang dibaca. Karenanya, berita dengan susunan piramida terbalik ini lebih disukai oleh pembaca. Selain pembaca, editor atau redaksi juga diuntungkan dalam masalah ini. Mereka akan lebih mudah untuk memotong/meng-cut berita jika melebihi kolom batas yang disediakan redaksi, tentunya penyampaian berita yang kurang penting itulah yang patut untuk di-cut.


Demikianlah beberapa penjelasan mengenai Jenis-Jenis dan Struktur Berita. Semoga artikel ini bisa memberikan pemahaman pada diri Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel